Activity Dashboard, fitur anyar dari Facebook dan Instagram untuk mengatur waktu online di medsos

logo icon sosial media di ponsel apple iPhone

Facebook dan Instagram akan merilis fitur bernama Activity Dashboard untuk mengurangi efek negatif dari kecanduan pada media sosial para penggunanya.

Fitur Activity Dashboard yang disematkan pada aplikasi Facebook dan Instagram itu akan berguna dalam hal pembatasan waktu online para pengguna 2 aplikasi sosial media tersebut.

Rencananya, fitur Activity Dashboard akan bisa dinikmati oleh pengguna kedua platform tersebut di minggu mendatang, dan Amerika Serikat adalah negara pertama yang akan menikmati fitur baru ini.

Dalam pengembangan fitur pengatur waktu bermain sosial media Activity Dashboard, dalam pengerjaannya melibatkan banyak para ahli, akademisi, juga lembaga-lembaga kesehatan.

Dampak negatif dari kecanduan media sosial dari sisi isu kesehatan mental adalah alasan dari tanggung jawab Facebook dan Instagram sebagai pihak penyedia platform sosmed terbesar di dunia itu dalam hal pembuatan fitur pengelola waktu.

Nantinya dengan dirilis fitur yang bisa mengelola waktu online tersebut para pengguna bisa lebih baik dalam mengontrol waktu yang mereka habiskan di media sosial agar tak berlebihan.

Para pengguna yang ingin mengaktifkan fitur ini caranya dengan membuka menu setting pada aplikasi Facebook/Instagram, lalu pilih "Your Activity" dan klik "Your Time on Facebook".

fitur terbaru facebook dan instagram activity dashboards

Juga, pilih sesuai selera Anda berapa banyak waktu rata-rata yang pengin anda habiskan untuk online di aplikasi jejaring sosial itu. Selanjutnya, di bawah pilihan waktu tersebut anda bebas menentukan pembatas waktu.

Instagram activity dashboards - your activity

Dengan aktifnya fitur pengaturan waktu itu para pengguna kedua platform akan mendapatkan notifikasi peringatan bila waktu online-nya telah melebihi batas waktu penggunaan dalam satu hari.

Sebagai contoh, jika anda menyetel batas waktunya adalah 30 menit, maka setelah 30 menit habis waktu online tersebut Anda akan menerima pemberitahuan bahwa batas waktu telah habis.

Dan juga ada tambahan fitur yang bisa memungkinkan anda tak menerima notifikasi bila waktu online telah habis denfan memilih menu "Mute Push Notifications". Tambahan fitur ini akan membatasi notifikasi dari Instagram/Facebook di navbar ponsel ketika dirasa Anda tak mau diganggu oleh notifikasi dari kedua platform itu.

Setting Facebook Activity Dashboards - Mute Push Notifications

Lupa waktu karena penggunaan media sosial yang berlebihan dan berdampak pada kesehatan juga produktivitas kehidupan sehari-hari para penggunanya telah menjadi isu negatif yang berkembang di dunia ini.

Facebook sebagai penyedia platform media sosial memang seharusnya menanggapi hal tersebut dengan mengembangkan layanan agar supaya bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan dampak negatif dari isu tersebut.

Dan fitur Activity Dashboard adalah respon cepat dan inisiatif dari sang raksasa media sosial dalam menjawab isu tersebut.

Tag: Aplikasi, Fitur Baru, Facebook, Instagram, Media Sosial

No comments

bebas bersua namun sopan ;)

Powered by Blogger.