Donald Trump dan "idiot" di Google Images

Ketik Kata 'Idiot' di Google yang muncul foto-fotonya Presiden Amerika Donald Trump

Mungkin anda kan sedikit terkejut, bila sekarang anda menulis kata "idiot" pada laman pencarian gambar Google dan hasil daripada pencarian kata "idot" tersebut adalah sekumpulan gambar/photo Presiden Amerika, yaitu Donald Trump. ;D

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Ternyata itu adalah semacam protes dari Aktivis Online di negeri Paman Sam itu. Dimana aksi tersebut adalah sebab dari penolakan mereka atas kebijakan Donald Trump mengenai imigran yang tak sah dan juga perihal anggota komunitas LGBTQ.

Aksi yang dilakukan para Aktivis Online USA itu dilakukan dengan memanipulasi algoritma peringkat mesin pencari Google.

Salah satu faktornya juga adalah karena hasil Google Image Search mengenai hubungan antara Trump dan kata 'idiot' itu dipicu oleh pilihan para pendemo di London dengan lagu dari Green Day yang berjudul "American Idiot" ketika kunjungan Presiden USA itu ke Inggris.

Juga, yang tak kalah membantu hasil pencarian gambar tersebut adalah peran Reddit. Dimana situs media sosial ini digunakan oleh para Aktivis Online itu dengan menaikkan peringkat postingan yang didalamnya tercantum kata "idiot" dan gambar-gambar Donald Trump.

Monggo cek link ini https://www.google.co.id/search?tbm=isch&q=idiot bila ingin melihatnya langsung LIVE dan tanpa sensor #hahahaa

Dahulu kala juga kontroversi hasil pencarian gambar Google ini pernah terjadi ke Mantan Presiden Bill Clinton ketika kita menulis kata "Pemerkosa", juga pada Michelle Obama dengan hasil gambar editan dari aplikasi Photoshop.

Oia. Di negeri kita tercinta ini juga bukannya pernah ya berkali-kali persoalan missmatch search and result itu terjadi. Semacam yang kemarin-kemarin sempat heboh juga ya ketika kita menulis "Partai Setan" di laman Google. Hasilnya gambar-gambar siapa coba ketika kita menulis keywords itu ;D

"Ada konteks sosial dan manusia yang hilang dalam beberapa jenis pengambilan keputusan yang didorong oleh algoritme, dan ini penting bagi semua orang yang terlibat dengan jenis teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari."
Katanya Safiya Umoja Noble dalam buku berjudul Algorithms of Oppression.

Juga dalam laporan The Guardian, yang berbunyi:
"Peringkat situs dalam hasil pencarian Google sangat bergantung pada algoritma komputer menggunakan ribuan faktor untuk menghitung relevansi halaman dengan permintaan yang diberikan. Terkadang seluk-beluk bahasa menyebabkan anomali muncul yang tidak dapat diprediksi."

Begitulah...


Tag: Aktivis Online, Donald Trump, Google Images, Idiot, Internet, Protes

No comments

bebas bersua namun sopan ;)

Powered by Blogger.